Sabtu, 23 Februari 2019

BELAJAR BAHASA C# Part 2 (MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR)

PROGRAM LUAS PERSEGI PANJANG DAN SEGITIGA

Halooo semua, apa kabar ..kita berjumpa lagi nih, semoga kita senantiasa diberi kesehatan agar bisa melakukan aktivitas sehari-hari kita, amin. Oke di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan dari postingan saya yang sebelumnya. Disini kita akan belajar sebuah program menggunakan bahasa C# lagi tetapi ada hal yang sedikit berbeda. Kali ini kita akan sedikit bermain tentang matematika wkwk. Wahh pasti sulit ini yaa? tidak kok tidak ada yang sulit selagi kita mau usaha hehe. Seperti subjudul nya kita akan membahas tentang program bagaimana cara menghitung dan menampilkan hasil hitungan dari luas persegi panjang dan segitiga. Tidak berlama-lama kita lansgsung saja

  • Luas Persegi Panjang
     
    using System;
    using System.Collections.Generic;
    using System.Linq;
    using System.Text;
    using System.Threading.Tasks;

    namespace praktikum_3__luas_persegi_panjang_
    {
        class Program
        {
            static void Main(string[] args)
            {
                double luas;
                double panjang;
                double lebar;
                Console.WriteLine("-->MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG<--");
                Console.WriteLine("Masukan Angka Anda  ");
                Console.Write("Panjang = ");
                panjang = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
                Console.Write("Lebar = ");
                lebar = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
                Console.Write("Luas Persegi Panjang = ");
                luas = panjang * lebar;
                Console.WriteLine(luas);
                Console.ReadKey();

            }
        }
    }


    • Hasil Output
      





    •  Luas Segitiga 
     
    using System;
    using System.Collections.Generic;
    using System.Linq;
    using System.Text;
    using System.Threading.Tasks;

    namespace praktikum_4__luas_segitiga_
    {
        class Program
        {
            static void Main(string[] args)
            {
                double luas;
                double alas;
                double tinggi;
                Console.WriteLine("-->MENGHITUNG LUAS SEGITIGA<--");
                Console.WriteLine("Masukan Angka Anda");
                Console.Write("Alas = ");
                alas = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
                Console.Write("Tinggi= ");
                tinggi = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
                luas = (alas * tinggi)/2;
                Console.Write("Luas Segitiga = ");
                Console.WriteLine(luas);
                Console.ReadKey();


            }
        }
    }



     
    • Hasil Output
       

      Iya temen-temen itulah program bagaimana cara menghitung dan menampilkan luas persegi panjang dan segitiga. Sekarang saya akan membahas penjelasan dari fungsi-fungsi yang dipakai di program diatas.

      1.  string =  Digunakan untuk menyatakan sekumpulan karakter, baik itu nama, angka, atau kalimat yang terdiri dari huruf dan angka.
      2.  double =  Untuk menyatakan suatu bilangan desimal atau lebih mudahnya adalah  bilangan yang berkoma. Tapi dipemrograman koma dikenal dengan titik.
      3. WriteLine = Untuk mengganti baris pada output di console.
      4. Write = untuk menampilkan tulisan di console (layar hitam) secara permanen, tidak bisa dihapus atau di edit (diinputkan sesuatu hal). 
      5. Convert.ToDouble = untuk meng-convert bilangan apa yang yang telah inputkan menjadi double (bilangan desimal). 
      6. Convert.ToInt32 = Untuk meng-convert bilangan apa yang telah di inputkan menjadi Int32 (ke 32 bit interger) / bilangan bulat. 
      7. ReadLine = Digunakan untuk program agar bisa di inputkan sesuatu hal, entah itu karakter, angka, string dsb. Dan juga digunakan untuk meng-convert suatu input agar inputan tersimpan pada sebuah varibel
      8. ReadKey = untuk menampilkan keluaran data. Dan juga supaya setelah data keluar, data tidak langsung hilang sebelum operasi selesai.
       

     Oke temen-temen saya kira cukup belajar bareng untuk kali ini. Semoga apa yang kita pelajari kali ini bisa berguna untuk sekarang, besok dan kapanpun, amiin.  Oke guys sampai bertemu di pembahasan selanjutnya. 

    -byee

    #SalamOrangBodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MEMBUAT LINE TRACER ANALOG MUDAH

CARA MEMBUAT LINE TRACER ANALOG Oke temen-temen sudah lama tak jumpa nih, apa kabaar? Semoga tetap sehat yaa. Kali ini saya kembali hadi...